Editors' Pick

Editors' Pick
JUST WANT TO SAY WELCOME ! TO MY BLOG =)

Wednesday, May 11, 2011

Buat Apa sih Kegunaannya Bumerang ?(Kupas Tuntas Bumerang disini!)





Buat ngehantem Kanguru ? …buat  ngalahin tentara negara api ? (sokka did it) atau mungkin bagi kalangan orang orang elit benda ini digunakan untuk cebok dalam rangka menghemat air….well mungkin.

Semuanya salaaaaaah !! Ayolah pikir lagi benda itu dirancang untuk dapat memutar kembali. Ringan dan cepat. Bahkan untuk ukuran besarnya Cuma bisa membuat kangguru ABG benjol dan ga mati… jika kegunaan bumerang itu untuk memukul kangguru maka orang aborigin tidak akan membuat benda itu dapat berputar!!!


Sebenarnya Bumerang bukan lah alat pukul atau pun alat lempar-untuk-memukul-kangguru sama sekali. Bumerang dibuat agar menyerupai elang (yaah mungkin ga mirip sama elang, kalo ada burung elang lain liat bumerang mereka mikirnya mungkin elang itu belum kencing beberapa bulan jadi terbangnya muter muter sarap gitu). Tapi memang benar dibuat agar menyerupai elang dan digunakan untuk menggiring burung burung kecil untuk terjebak di jaring yang terbentang dan sudah diikat di antara 2 pohon, setelah terjebak orang aborigin akan memotongnya membakarnya dan diberi bumbu bumbu..lalu mereka memakannya sungguh sangat tidak berperikeburungan.

Tapi Bumerang tidak semata mata hanya digunakan oleh orang-orang Aborigin. Tongkat lempar memutar yang tertua ditemukan di Gua Olazowa di Pegunungan Carpathian, Polandia, dan usianya lebih dari 18.000 tahun. Para peneliti mencoba alat tersebut, dan masih bisa digunakan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa tradisi penggunaan Bumerang sudah lama ada, sifat sifat fisiknya begitu tepat untuk menghasilkan sebuah Bumerang yang baik sehingga tidak mungkin hanya diproduksi sekali. Bumerang Aborigin tertua berusia 14.000 tahun. Berbagai jenis kayu yang dilemparkan digunakan di Mesir Kuno, dari tahun 1340 SM. Di Eropa Barat sebuah tongkat lempar memutar bernama cateia (bagi cowok yang punya pacar namanya cathy, catherine, cathrina, atau cath‘iea please jangan tersinggung pacar anda tidak mungkin dilempar lempar bahkan sampai memutar) lanjut ke topik…cateia ini digunakan orang orang Goth untuk berburu burung sejak sekitar tahun 100 M.

(kembali ke Bumerang…)

Orang-orang Aborigin Australia barangkali menjadi mahir menggunakan Bumerang karena mereka tidak pernah mengembangkan busur dan anak panah dan juga tidak pernah mengembangkan anak gorilla. Orang Aborigin juga membuat Bumerang versi tidak memutarnya dikenal sebagai “kylie” (sekali lagi bagi cowok yang punya pacar namanya kyle, kayla, kay, kloe, kaylie atau pun kekey please jangan tersinggung lagi )

Pertama kali tercatat digunakannya kata “bou-mar-rang” adalah pada tahun 1822. Kata tersebut berasal dari bahasa orang Turuwal yang bermukim di Sungai George dekat Sydney. Orang Turuwal punya kata-kata lain untuk tongkat-tongkat berburu mereka, tetapi menggunakan “bumerang” untuk tongkat lempar yang memutar. Turuwal adalah bagian dari kelompok bahasa Dharuk. Banyak kata Aborigin yang digunakan dalam bahasa inggris berasal dari bahasa Dharuk termasuk wallaby, dingo, kookaburra, dan koala.

Oh iya mungkin kalau kalian habis jalan jalan di Australia dan membeli bumerang di toko toko souvenir terkemuka di jalan tersebut, percaya tidak percaya boumerang pajangan itu juga dapat berputar kembali, walau tidak se melengkung aslinya, biasanya di instruksikan cara melempar agar kembali lagi di bungkusnya..tapi jika tidak ada maka Bang Crowa disini bisa kasih tau caranya check it out! 

Yang Harus Disiapkan :
·         Bumerang (Tidak patah dan ber-rayap)
·         Tangan kanan (Jarinya harus 5)
·         Lapangan yang luas (Gelora Bung Karno bisa menjadi alternatif)
·         Angin (sedikit angin yang berhembus saja sudah dapat membuat bumerang berputar balik)
·         P3K (kalau yang ini opsional, jaga jaga kalau ada yang kena Bumerang nyasar)

Yak semuanya sudah lengkap tinggal cara pelemparannya


Berikut adalah illustrasi jika anda melempar dengan baik
Dan berikut beberapa asumsi jika anda melempar.. namun Bumerangnya tidak berbalik kepada anda :
 <<< ini adalah arti dari simbol simbol yang akan diperagakan di bawah

 Ini kalau Bumerang anda jatuh didepan anda…solusinya menghadap ke arah kiri sedikit dan lempar lebih kencang dengan angin disamping kiri bumerang tersebut


ini kalau Bumerang anda jatuh di belakang solusinya.. anda hadap kanan sedikit dan pastikan agak sedikit jauh dari angin


 ini kalau Bumerang anda dengan sukses berbalik ke anda tetapi ketinggian untuk ditangkap…solusinya lempar dengan tenaga yang lembuut dan tidak terlalu kencang

tapi jika Bumerang berbalik kepada anda namun jatuh duluan sebelum sampai anda, berarti harus lempar lebih kencang!

 Ini baru lemparan Bumerang yang sukses

Perhatian : jika Bumerang anda malah lurus terus itu berarti anda yang salah lempar, atau mungkin anda membelinya di toko Souvenir yang kurang berkualitas.Penulis tidak bertanggung jawab atas segala laporan kehilangan bumerang dll

Berikut sumber sumber yang menjadi acuan Bang Crowa untuk menulis Artikel ini :

Oleh John Lloyd & John Mitchinson.

0 postingan iseng:

Post a Comment